Ringkasan Alur Merrdeka Guru Penggerak

 


Mulai dari diri (Mandiri):

Kegiatan pembelajaran pemantik:

  • CGP     menjawab     pertanyaan-pertanyaan     reflektif-kritis     untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara,
  • CGP menuliskan harapan bagi diri sendiri dan murid-murid setelah mempelajari modul 1.1 dan ekspektasi mengenai materi dan kegiatan yang akan ditemui dalam modul.


Eksplorasi Konsep (Mandiri):

  • CGP mengakses video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan.
  • CGP membaca 2 teks Pemikiran Ki Hadjar Dewantara (Dasar Dasar Pendidikan & Metode Montessori, Frobel dan Taman Anak).
  • CGP  mengakses  video  tentang  interpretasi  filosofi  pendidikan Ki Hadjar Dewantara.
  • CGP    membuat    rekaman    audio    atau    video    singkat    untuk menggambarkan pemahamannya mengenai pemikiran Ki Hadjar Dewantara.


Eksplorasi Konsep (Forum Diskusi):

  • CGP mendapatkan materi dari instruktur tentang pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
  • CGP  melakukan  diskusi  dalam  kelompok  kecil  untuk  menjawab pertanyaan mengenai proses pembelajaran yang mencerminkan pemikiran Ki Hadjar Dewantara.
  • CGP  mempresentasikan  hasil diskusi  kelompok  dan  mendapatkan  umpan balik positif dari Instruktur.


Ruang Kolaborasi

CGP berkolaborasi untuk mendesain kerangka pembelajaran yang sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara dan konteks lokal daerah asal, kemudian mempresentasikannya.


Refleksi Terbimbing

CGP merefleksikan pengetahuan dan pengalaman setelah mempelajari pemikiran-pemikiran Ki Hadjar Dewantara.


Demonstrasi Kontekstual

CGP membuat karya (video pendek, komik, lagu, puisi, podcast dll) dalam menjelaskan pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara (KHD) dan mengunggahnya di LMS.


Elaborasi Pemahaman

CGP mengikuti sesi diskusi langsung dalam bentuk Konferensi Filosofi Pendidikan KHD yang disampaikan oleh perwakilan Perguruan Taman Siswa serta praktik-praktik baik beberapa sekolah lain untuk memperluas pemahaman mengenai pemikiran filosofis KHD.

Paparan dalam konferensi ini sejatinya memperdalam dan mempertajam pemikiran-pemikiran CGP dalam mendemonstrasikan secara konkret pemikiran-pemikiran KHD di sekolah dan kelas masing-masing CGP.


Koneksi Antar Materi

CGP melihat lagi seluruh materi yang sudah dipelajari dari pemikiran- pemikiran  KHD  kemudian  membuat  hubungan  antara  materi-materi tersebut dan juga keterkaitannya dengan praktik yang konkret bersama dengan murid dan rekan guru di sekolah asal.


Aksi Nyata

CGP membuat membuat portofolio dari perubahan konkret di sekolah yang terdiri dari dokumentasi foto/video dan tulisan refleksi. Waktu pelaksanaan rencana aksi adalah 4 minggu sejak berakhirnya sesi Modul

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama