Seputar Artikel Ilmiah

Guru Penggerak, sagu sabu, satu guru satu buku, sekretaris dinas pendidikan dan kebudayaan lombok barat, kadis kearsipan dan perpustakaan lombok barat, smpn 1 kuripan

Reading Club'  sebagai aksi nyata Sagu Sabu Komunitas Guru Penggerak Kabupaten Lombok Barat menuju Lombok Barat Cerda hari ini Kamis, 10 Maret 2022 kembali digelar di SMPN 2 Kuripan dengan topik "Artikel Ilmiah" Kali ini pemaparan materi disampaikan oleh Dosen Muda UIN sekaligus Editor In Chiep Jurnal Politea Mas Agus Dedi Putrawan M, Si. 

Seperti biasa kegiatan dibuka dengan penampilan dari siswa dan guru penggerak dalam membawakan lagu yang menginspirasi . Dirangkai dengan sambutan ketua komunitas dengan harapan semoga kegiatan ini terus berjalan, kita semakin solid serta harapan ke depan satu guru satu buku bisa terwujud.

Sambutan dari bapak Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Lombok Barat, H. Saeful Ahkam Maksum berharap setiap guru penggerak mampu menghasilkan karya yang isinya bisa diperdebatkan, tidak hanya sekedar mengumpulkan karya tulis dari setiap orang.  

Selain isi, cover dan sampul buku juga memiliki peranan yang luar biasa untuk menarik minat pembaca untuk membeli dan mau membaca karya yang kita buat. 

Bagaimana kita bisa membuat karya yang berkualitas tidak hanya sebuah buku yang menumpuk di perpustakaan tapi kurang diminati.

Demi meningkatkan kompetensi guru dan para siswa dalam hal kepenulisan Bapak Kadis selalu memberikan tantangan kepada semua peserta yang hadir. Hari ini tantangannya tidak kalah seru dengan Tantangan sebelumnya yaitu:

  • Untuk Siswa SMA tantangannya adalah "Merdeka belajar menurut kalian."  
  • Untuk siswa SMP, mereka disuruh untuk Merangkum materi hari ini dengan cara tulis tangan tidak perlu diketik.
  • Sementara bagi Guru Penggerak diminta untuk membuat Artikel ilmiah tidak terkait pendidikan dengan tetap memperhatikan kerangka penulisan

Guru Penggerak, sagu sabu, satu guru satu buku, sekretaris dinas pendidikan dan kebudayaan lombok barat, kadis kearsipan dan perpustakaan lombok barat, smpn 1 kuripan

Sambutan dari bapak Sekdis Dikbud Lombok Barat Bapak Khairuddin M. Pd. memberikan informasi bagaimana Bapak Bupati akan berjuang di kementrian agar salah satu balai besar guru penggerak (BBGP) ada di Lombok Barat. Semoga apa yang dicita-citakan bisa terwujud di kemudian hari. Beliau juga berpesan agar para guru bisa kreatif mengemas materi pembelajaran dalam sebuah membuat karya yang bisa dibaca dan dinikmati oleh para siswa. Di samping itu para guru juga harus menyisihkan dana sertifikasi yang diterimanya untuk membeli buku dan meningkatkan kompetensi. 

Dosen muda UIN sekaligus Editor In Chiep Jurnal Politea membuka pemaparan materi "Artikel Ilmiah." Kualitas tulisan seseorang bisa dilihat dari seberapa banyak orang mensitasi artikel tersebut dijadikan sebagai rujukan. 

Beliau juga menyelipakan makna pintar dan bodoh dalam pandangan pribadi yang bias menjadi rujukan bagi kita sebagai pendidik dalam memandang konsep pintar dan bodoh. Pintar adalah orang yang tahu duluan sedangkan orang bodoh adalah orang yang belum tahu. 

Di samping konsep pintar dan bodoh, lelaki yang belum genap 40 tahun ini memiliki Mottonya yang luar biasa menginspirasi "Saya boleh kalah pintar dari teman-teman saya tapi tidak boleh kalah rajin dari mereka". 

Sedangkan terkait materi hari ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membuat artikel ilmiah yang akan dibuat menjadi sebuah jurnal yaitu: 

  • Membangun state of the art (tren/kekinian/keunikan). Tema yang diangkat hendaknya topik yang saat ini sedang diminati.  Salah satu cara untuk mengetahui topik yang sedang tren saat ini adalah dengan menggunakan google tren.
  • Novelty (kebaharuan). Pendukung dari tema yang kita bahas hendaknya mengacu dari hasil penelitian lima sampai sepuluh tahun terakhir.
  • Research gap (jarak/kekosongan). Kita bisa mengangkat sesuatu yang belum di bahas di jurnal orang lain dan kita angkat di bagian tersebut.
  • Research Contribution (sumbangsih). Hal positif apa yang bisa diambil pembaca dari tulisan yang kita buat. 

Saat membuat penelitian tiga hal yang wajib ada yaitu

  • Masalah. Masalah menjadi bagian terpenting dalam membuat karya tulis ilmiah. Dari berbagai permasalahan yang muncul kita bisa kelompokkan masalahan mana yang akan kita angkat dan bahas dalam penelitian kita.
  • Teori. Teori merupakan salah satu acuan kita dalam membahas persolan yang menjadi titik tumpu kita dalam penelitian. Ada dua hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan teori yaitu argumentasi teori dan pola-pola teori
  • Metodologi. Metode yang kita pilih untuk menjelaskan atau menjabarkan setiap tahapan yang kita gunakan dalam penelitian. 

Sementara untuk Format Jurnal bisa kita gunakan format di bawah ini: 

  • Pendahuluan
  • Teori
  • Pembahasan 
  • Penutup

Perlu diketahui jumlah halaman Jurnal sekitar 15 halaman, serta jurnal yang dibuat hendaknya disesuaikan dengan tema yang sedang di buat oleh pemilik jurnal. 

Lengkap sudah materi hari ini padat, jelas dan sangat menginspirasi. Semoga semakin menambah wawasan dan pengetahuan kita terkait materi kepenulisan khususnya tentang artikel ilmiah. Tidak ada sesuatu pun yang sulit jika kita mau mencoba dan berusaha belajar. Nyakinlah selalu ada hasil dari setiap usaha yang kita lakukan. 

2 Komentar

Lebih baru Lebih lama