Halal Bi Halal Perdana Di KGP Lobar

 

Kegiatan Hala Bi Halal

Untuk pertama kalinya Komunitas Guru Penggerak (KGP) Lombok Barat mengadakan Halal Bihalal sejak dibentuk pada tanggal 20 Januari 2022 yang lalu.


Momen ini sebagai salah satu rangkaian kegiatan Idul Fitri yang sering dilakukan oleh umat muslim sebagai ajang membangun silaturrahmi dan saling  bermaaf-maafkan. 


Walau masih terbilang baru namun Komunitas yang beranggotakan 72 orang guru Penggerak ini sudah banyak melakukan kegiatan baik dalam intern KGP maupun kegiatan yang bekerjasama dengan beberapa instansi seperti Dinas Kearsipan dan Perpustakaan maupun dengan RRI Mataram yang sudah rutin dilakukan hampir setiap dua Minggu sekali. 

Kegiatan Halal Bi Halal


Kegiatan Halal Bi Halal difokuskan di sekretariat KGP Lobar yang ada di UPT Sanggar Mutu atau lebih dikenal dengan Pusat Belajar Guru Lobar di jalan Imam Bonjol, Gerung. Dalam kegiatan tersebut dihadari oleh tiga kepala dinas kearsipan dan perpustakaan, kepala UPT Sanggar Mutu dan Kabid GTK Dikbud Lobar. 


Halal Bi Halal dan Sosialisasi Kurikulum Merdeka Belajar ini dirangkai dengan beberapa kegiatan diantaranya pembacaan Ayat suci Al-Quran oleh Ibu Sumiati S. Pd dilanjutkan  dengan laporan ketua komunitas guru penggerak Lombok Barat Bapak Sudomo, S.Pt. inti dari kegiatan Halal Bi Halal ini untuk memperkuat kegiatan KGP ke depan paparnya.


Disisi lain Bapak Kabid GTK Bapak H. Akhmad Sujai M.Pd. Beliau memberikan apresiasi kepada Guru Penggerak yang tergabung dalam Komunitas Guru Penggerak  yang sudah bisa membuktikan aksi nyata mereka kepada semua orang bahwa keberadaan mereka bisa membangkitkan pendidikan khususnya di Lombok Barat dibuktikan dengan banyaknya kegiatan yang sudah dilakukan diantaranya bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan serta dengan RRI Mataram. Bapak Kabid juga mengharapakan agar guru penggerak mampu meningkatkan angka rata-rata lama sekokah (RLS) yang ada dilombok Barat sejalan dengan harapan  Bapak Bupati. 


Dalam Sambutan dari Bapak kepala kearsipan dan perpustakaan H. Saeful Ahkam. KGP merupakan salah satu posisi strategis karena bisa menjadi mentor bagi orang lain, bisa mengajak orang lain untuk bisa berbuat hal yang lebih baik. Disamping itu Guru Penggerak juga merupakan bagian dari elemen yang tak terpisahkan dalam meningkatkan pembelajaran literasi khususnya di Lombok Barat.


Kegiatan dilanjutkan dengan uraian singkat Halal Bi Halal yang disampaikan oleh salah satu Guru Penggerak Lombok Barat Pak Hizamuddin S.Pd.I. Beliau mengupas makna dari kata Halal Bi Halal yang diambil dari al-Quran maupun Hadits. Inti dari uraian singkat itu adalah mengenai keutamaan Halal Bi Halal untuk menjalin Silaturrahmi antar sesama umat Islam.


Keutamaan silaturrahmi diantaranya 

1. Mengundang dan mendatangkan Rahmat Allah. 

2. Mendekatkan orang kepada surga. Salah satu caranya mendekatkan kita ke surga adakah dengan silaturrahmi. 

3. Meningkatkan ketakwaan 

4. Allah akan melapangkan Rizki dan memajangkan umur 

5. Silaturrahmi merupakan bagian dari ciri-ciri orang yang bertaqwa. 


Menjelang siang kegiatan ditutup dengan doa dilanjutkan dengan semua yang hadir menikmati ala kadar berupa ketupat lengkap dengan opor ayam, opor telur serta buah dan makanan  lainnya. 


1 Komentar

Lebih baru Lebih lama